Everything will be alright in the end, if it's not alright then it's not the end.

Friday, December 7, 2012

Psikotes

Daripada gue nganggur gak produktif gini di hari sabtu, mending gue nulis soal psikotes yang gua jalanin hari kamis kemaren...

Jadi ceritanya gue itu ikutan daftar d3 khusus STAN. tau STAN kan lo? gak gaoel banget kalo gak tau. Secara semenjak Gayus ditangkap, sekolah ini jadi ikutan ngetrend, disebut-sebut sebagai sekolahnya koruptor. Cuih.. Gak punya otak yang bilang itu.

Sekolah Tinggi Akuntansi Negara aka STAN merupakan salah satu perguruan tinggi kedinasan yang lulusannya langsung diangkat jadi CPNS di lingkungan kementerian keuangan, BPK dan BPKP. Udah gitu, selama perkuliahan pun bener-bener bebas biaya. Nah, sapa yang gak minat coba? Pas angkatan gue, STAN itu masuk rekor MURI sebagai Sekolah Tinggi Kedinasan dengan pendaftar terbanyak. Kala itu yang daftar ada sekitar 126.xxx dengan jumlah yang diterima 1.xxx. (eh koq jadi ngomongin STAN sih)

Oke, lanjut soal psikotes.
Pertamanya kita diminta mengisi biodata, mulai dari tanggal lahir, pendidikan, hobi, sampe prestasi-prestasi yang pernah kita raih (punya gue kosong di bagian yang ini). Termasuk juga bagian yang kita diminta mengevaluasi strength and weakness yang ada pada diri kita.

Kedua. Entah apa namanya jenis psikotes yang satu ini. Yang jelas di halaman depan bukunya ada tulisan PAPI (Perception and Preference Inventory). Jadi pada tes ini kita diminta memilih satu diantara dua pernyataan yang paling mendekati diri kita. Gambar lembar jawabannya seperti dibawah ini:
untuk lebih lengkapnya silakan googling, apa maksud dari tes ini atau contoh soalnya.

Ketiga. Tes menggambar, yaitu menggambar pohon sama menggambar manusia.
Menggambar pohon. Nanti bakal dikasih tau beberapa jenis pohon yang gak boleh digambar. Misalnya, pinus. Kalo gue sih kemaren gambarnya pohon mangga.
Menggambar manusia. Kalo katanya sih, sebaiknya kita gambar manusia yang sedang beraktivitas. So, berdasarkan itu, gue menggambar wanita yang sedang mengajar.

Keempat. Wartegg test. Jadi kita bakal dikasih kertas yang isinya seperti dibawah ini:
kita disuruh lanjutin gambar. Ntar kalo udah selesai, kita disuruh milih gambar mana yang paling gampang, mana yang paling susah, mana yang paling disukai dan mana yang paling tidak disukai. Kalo katanya, untuk kotak 1,2,7,8 harusnya kita menggambar objek hidup, sedangkan kotak 3,4,5,6 adalah sebaliknya. Untuk contoh gambar, silakan di-googling yaa.

Kelima. Pauli Test. Waktu tesnya itu 1 jam. Kita bakal disuruh ngitung hitungan-hitungan sederhana di kertas selebar koran kompas :p. Tapi dengan waktu tes selama itu, bener-bener bikin otak panas, ng-blank beberapa detik, tengkuk udah kayak dihantam sama balok. Kalo saran gue sih, sebelum tes ini dimulai, usahain otak tu sesantai mungkin. Ke toilet dulu, biar gak ada halangan selama ngerjain tes. Gak usah terlalu ngebet di awal. Ngerjainnya santai aja. Jangan terintimidasi sama temen yang udah minta nambah kertas. Pengalaman gue sih, tahun lalu gue juga sampe minta nambah kertas, tapi gak bikin gue lulus (tragic!) Nah, ini contoh gambarnya:


Oke, sekian dulu.

Wish me luck, ya :))
Mudah-mudahan tahun ini lulus. Amiinnnnn :)

No comments:

Post a Comment